Perkembangan Jersey Timnas Indonesia dari Masa ke Masa

Jersey Timnas Indonesia memiliki identitas tersendiri di hati para penggemar dan menjadi tanda pengenal Indonesia di dunia sepak bola. Terdapat beberapa evolusi perkembangan desain jersey selama ini dari masa ke masa berganti menyesuaikan kebutuhan.

Biasanya dalam pembuatan jersey timnas PSSI (Persatuan Seluruh Sepakbola Indonesia) akan bekerjasama dengan pihak eksternal untuk membuatnya. Beberapa kali sempat berganti pihak Kerjasama guna memilih mana yang sebenarnya cocok dan bagus.

Transformasi Jersey Timnas Indonesia Hingga Saat Ini

tampilan jersey baju timnas indonesia

Bagi para penikmat sepakbola yang senantiasa mengikuti perkembangan olahraga satu ini khususnya timnas Indonesia. Mungkin sudah tidak asing dengan beberapa kali ganti model. Jersey digunakan untuk membedakan juga membantu pemain saat bergerak melakukan olahraga.

Selain itu, pada sepakbola yang beranggotakan 11 pemain terdiri dari berbagai posisi termasuk penjaga gawang. Diperlukan ciri khas membedakan serta pada pembuatannya juga memiliki teknik khusus agar bisa menyerap keringat tidak mengganggu aktivitas para pemain.

  1. Jersey Timnas Indonesia Adidas

    Periode sekitar dari tahun 1983 hingga 2004 yang disponsori oleh Adidas salah satu merk kenamaan asal Jerman. Waktu itu jersey digunakan dalam beberapa event besar salah satu yang menjadi sejarah adalah kemenangan SEA Games 1987 dan 1991.

    Desain bajunya bisa tergolong cukup sederhana perpaduan dominan warna merah dengan beberapa garis warna putih dibagian pundak. Jersey Timnas Indonesia menggunakan celana berwarna putih semakin menandakan layaknya bendera Indonesia.

    Pada masa tersebut termasuk masa kejayaan sepakbola di Indonesia, dibintangi oleh beberapa pemain legendaris seperti Robby Darwis, Herry Setiawan, Bambang Nurdiansyah, Aji Santoso dan masih banyak pemain legend lainnya mengharumkan nama bangsa.

  2. Kisah Singkat Jersey Diadora

    Hanya dipakai pada periode tahun 1996, dipakai dengan dua kesempatan yaitu ketika mengikuti Pra Piala Asia dan juga Piala Tiger atau kini lebih dikenal sebagai piala AFF. Dengan desain sedikit berani menampilkan garis cukup besar mendominasi.

    Setelah itu Timnas kembali mengenakan dari Adidas hingga tahun 2004. Namun, ini menjadi baju klasik dan memiliki momen ketika Indonesia pertama kali bertanding bersama negara-negara di Asia Tenggara.

  3. Desain Asics 1996

    Masih pada tahun 1996 disamping penggunaan jersey Timnas Indonesia dengan Diadora, disini PSSI juga mencoba Kerjasama brand asal Jepang yaitu Asics. Saat itu pernah digunakan saat mengikuti Piala Asia yang menghantarkan Widodo C. Putra menjadi gol terbaik.

    Waktu itu Indonesia sedang berhadapan Kuwait. Model baju didesain berwarna merah memiliki kerah warna putih menjadi ciri khas desain pada waktu itu. Dominasi warna merah menjadikan kesan lebih garang dan juga berani bertanding.

  4. Desain Micasa Tahun 1997

    Jersey Timnas Indonesia selanjutnya ada Kerjasama dengan Micasa. Desain coba ditampilkan masa ini cukup unik dan berbeda dari biasanya yang didominasi model simple. Periode ini baju memiliki warna dasar putih kombinasi warna merah kota di area depan.

    Pada tahun 1997 tim Indonesia diperkuat oleh kombinasi usia senior dan juga junior. Dengan desain utama berwarna putih menjadi model berbeda dari sebelumnya biasanya menggunakan warna merah sebagai dasarnya.

  5. UHLSports Asal Jerman

    Tidak bertahan lama kerjasama ini hanya dilakukan di Tahun 1997. Desain digunakan cukup nyentrik yaitu menggunakan grafik desain di bagian lengan, serta tidak digunakan gambar garuda melainkan bendera merah putih ada di dada sebelah kiri dada.

  6. Kerjasama Dengan Nike

    Periode 200-2003 lalu berlanjut pada 2007 hingga 2020, jersey Timnas Indonesia model ini termasuk salah satu yang bisa bertahan cukup lama digunakan. Sponsorship dari apparel asal Amerika Serikat sudah mengeluarkan model selama dua periode warna merah lis putih.

    Periode paling ikonik adalah ketika melakoni laga AFC Tahun 2007. Tim Indonesia yang diperkuat oleh pemain legendaris yaitu Bambang Pamungkas, Firman Utina, dan Budi Sudarsono waktu itu dapat menaklukan Bahrain dengan skor 2-1.

  7. Desain Jersey Puma

    Puma berasal dari Jerman ini menjadi apparel ketiga pernah bekerjasama dengan Timnas untuk membuat jersey pada periode tahun 2006. Waktu itu digunakan pertama kali saat ajang Asian Games Qatar. Menggunakan dominasi warna merah dan putih terdapat bagian celanannya.

  8. Empat Tahun Mils

    Jersey Timnas Indonesia selanjutnya adalah desain terakhir digunakan sebelum berpindah pada desain terbaru Tahun 2024. Mils memiliki desain dominasi warna merah bagian baju juga celana dikombinasikan menggunakan bentuk kerah putih di bagian atas dari tahun 2020-awal 2024.

  9. Erspo Desain Terbaru

    Pada tahun 2024 ini PSSI coba menggandeng kerjasama dengan brand lokal. Desain home berwarna merah kombinasi lis putih bagian lengan dan leher serta untuk away menggunakan desain warna putih kombinasi warna merah sebagai lis.

Pertama kali digunakan saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kemarin saat bertemu Vietnam di GBK. Beberapa jenis desain tersebut membedakan dengan lainnya utama pada sponsorship oleh PSSI bekerjasama sehingga tercipta jersey Timnas Indonesia ikonik dari masa ke masa.

Related Posts